-->

UNIVERSITAS PANDANARAN SEMARANG

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Pandanaran Sambut Mahasiswa Baru dengan Spirit ‘We Are The Initiators Of Industrial Revolution 4.0And Society 5.0’

 

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Pandanaran tahun ajaran 2023/224 diselenggarakan selama 3 hari dimulai hari Sabtu hingga Senin tanggal 16-18 September 2023. Bertempat di Aula kampus Universitas Pandanaran di Jalan Banjarsari Barat no.1 Pedalangan Banyumanik Semarang kelancaran acara tak bisa lepas dari perencanaan dan persiapan matang dari panitia pada technical meeting pada Jumat tanggal 15 September 2023. Dalam sambutannya, Ketua Panitia PMB Leonardo Budi Hasiholan, S.E.,M.M. menyampaikan bahwa proses PMB sudah diawali semenjak bulan Oktober tahun 2022 hingga menjaring camaba yang lolos ujian masuk dan persyaratan sesuai yang diharapkan Unpand. ” Sebanyak 483 secara resmi mengikuti upacara PKKMB hari ini, namun masih ratusan camaba yang lainnya masih berproses dan berminat untuk bergabung study lanjut di Universitas Pandanaran,” ungkapnya.

    Dalam sambutannya WR 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Sri Praptono, S.Sos., M.M. menyampaikan bahwa seremonial PKKMB merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Universitas Pandanaran sesuai dengan arahan LLDIKTI Wilayah VI. Dengan mengacu ketentuan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, PKKMB bertujuan menyiapkan mahasiswa baru dengan melalui proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannnya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. “Kegiatan ini dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air dan kepedulian terhadap lingkungan juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter, religious, rasionalis, mandiri, gotong-royong dan berintegritas. Dan melalui PKKMB mahasiswa diberikan bekal agar mampu berproses dalam melaksanakanb tridharma perguruan tinggi, sehingga kelak menjadi lulusan yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air dan berdaya saing global, ” katanya. Secara umum materi kegiatan PKKMB meliputi kehidupan berbangsa, bernegara dan pembinaan kesadaran bela negara, pengenalan system Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0, pengembangan karakter mahasiswa, dan materi lain yang bermanfaat dan dipandang perlu sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan perguruan tinggi. Oleh karenanya Universitas Pandanaran mengundang beberapa narasumber yang berkompeten sesuai dengan hal tersebut.

    Kesempatan yang sama Rektor Universitas Pandanaran Agustien Zulaidah, ST, MT memberikan sambutannya dan menyemangati mahasiswa baru, bahwasanya untuk berprestasi bisa juga dilakukan secara bersamaan dengan mengukir mimpi melalui studi berbeasiswa yang ditawarkan kampus. Namun demikian, bagi kelas reguler juga tak bisa lepas dari kewajiban untuk memaksimalkan prestasi non akademik dan akademik, agar bisa mengangkat akreditasi institusi di masa mendatang. ” Prestasi non akademik dan akademik ini dibuktikan dari para mahasiswa yang juga tergabung dalam TIM Sepak Bola Universitas Pandanaran, yang sudah menjadi pemenang kejuaraan antar Universitas se-Semarang, namun masih juga semangat untuk studi lanjut di Unpand”, ujarnya lebih lanjut.

    Senada dengan yang disampaikan Rektor Universitas Pandanaran, Ketua Yayasan Abdi Masyarakat Dra.Hj. Harini Krisniati, MM jusa sangat mengapresiasi bagi mahasiswa yang berprestasi dalam bidang olah raga, non akademik dan akademik. “Di sini keberhasilan bukan masalah raihan materi, namun sangat ditentukan dengan adanya spirit dan kebersamaan antar mahasiswa, saling mendukung antar team work demi tujuan kemajuan alamamater yang tercinta”, katanya. Hari pertama PKKMB diisi juga oleh Letkol if Raden Ambar Tjahtjana dari Pangdam IV Diponegoro dengan tema Kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara.Dilanjutkan dengan Lutvan Handi Arifin yang membawakan materi bertemakan Perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Selanjutnya Letkol Ahmad Yuliyanto dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan penguatan tentang jiwa kemandirian dan tahan banting harus pula dimiliki oleh para mahasiswa di awal kuliah.

    Hari ke-2 selain diisi dari akademisi WR I Bidang Akademik Dr. Dra. Hj. Cicik Harini, MM tentang segala informasi yang terkait dengan MBKM yang berimplikasi pada kegiatan akademik di kampus, yang menguntungkan bagi kompetensi mahasiswa. Narasumber lainnya adalah WR II Bidang Administrasi dan Keuangan Dra Retno Djohar Juliani, MPd dimana proses akademisi tak bisa lepas dari presensi kehadiran mahasiswa yang juga berkorelasi dengan administrasi. Pada hari ke-2 ini juga acara diisi juga dengan Arahan Wakil Ketua Komisi X DPR RI sekaligus Ketua Pembina Yayasan Abdi Masyarakat – Ibu Agustina Wilujeng Pramestuti, S.S.,M.M. Bahwasanya untuk menjadi mahasiswa yang sukses sekarang tak melulu hanya studi, namun sudah mulai secara bersamaan mengaplikasikan ilmu dalam bisnis yang digeluti sejak masih usia muda yaitu ketika kuliah. Sehingga mendatang output universitas menghasilkan mahasiswa yang dapat diandalkan.

    PKKMB ditutup di hari ke-3 dengan pengenalan lebih mendalam pada program studi yang dipilih masing-masing mahasiswa, pemahaman kurikulum dan pengisian KRS melalui simakad dan diakhiri inagurasi sebagai bentuk keakraban dari 8 program studi yaitu S1 Managemen, S1 Akuntansi, S1 Kewirausahaan, S1 Arsitektur, S1 Teknik Sipil, D3 Teknik Kimia, D3 Teknik Mesin dan D3 Administrasi Niaga.




Add Your Comments

Disqus Comments